all about me

sistem operasi

  • on Kamis, 12 Maret 2009
  • 1. 3 komponen utama sebuah mesin computer
    a. Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. contohnya: CPU, RAM, Matherboard dll,
    b.perangkat lunak computer (Software) merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu Sistem Operasi, seperti DOS, Unix, Linux, Novell, OS/2, Windows, Adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputer tak dapat difungsikan sama sekali.
    c. Brainware adalah unsure dimana yang berasal dari akal manusia .Maksudnya, bila tidak ada manusia computer tidak bisa digunakan .
    2. 3 komponen sebuah CPU (Central Processing Unit)
    Central Processing Unit
    Merupakan komponen terpenting dari sistem komputer 
    komponen pengolah data berdasarkan instruksi yang diberikan kepadanya 
    Dalam mewujudkan fungsi dan tugasnya, CPU tersusun atas beberapa komponen 
     - CU (Control Unit)
    • Bertugas mengontrol operasi CPU dan secara keselurahan mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi – fungsi operasinya.
    • Termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil instruksi – instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.
      - ALU (Arithmetic and Logic Unit) 
    • Bertugas membentuk fungsi – fungsi pengolahan data komputer. 
    • ALU sering disebut mesin bahasa ( machine language) karena bagian ini mengerjakan instruksi – instruksi bahasa mesin yang diberikan padanya. Seperti istilahnya 
    • ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit arithmetika dan unit logika boolean, yang masing – masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri.
     -Register
    • Media penyimpan internal CPU yang digunakan saat proses pengolahan data.
    • Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.
    3. 4 definisi sebuah sistem operasi:
     a. Program yang di design untuk bisa diatur dalam pengalokasian sumber daya komputer,
     b. operasi adalah perangkat lunak komputer yang mengatur dan mengendalikan operasi dasar         sistem komputer
     c. Program yang memudahkan komputer untuk mudah dipakai ,
     d. Program yang memungkinkan efisien dalam pemakaiannya,

    4.process booting (start) komputer pada operasi system unix
    1. Bios Detection Pengalamatan bios ada disini, diantaranya cek hardware, memory, harddisk, vga dan ethernet. Kemudian mengacu pada urutan boot-up yang telah diseting, misalkan boot dari harddisk maka selanjutnya akan membaca MBR pada harddisk tersebut.
    2. Bootloader Setelah bios selesai, MBR pada harddisk terbaca dan muncul grub menu. Disini kita bisa memilih kernel yang tersedia. Angka di grub selalu mulai dari 0 (nol) sehingga apabila default=0 maka defaultnya akan meload kernel pertama pada list konfigurasi grub di /boot/grub/grub.conf
    3. Kernel initialization Setelah kernel dipilih, akan di load dan terjadi pendeteksian hardware, device drivers, mounting root filesystem read-only dan menjalankan proses pertama yaitu init.
    4. Init InitializationInit adalah proses pertama sehingga selalu mempunyai PID 1 (satu). Konfigurasi init mengacu pada /etc/inittab dan mempunyai default runlevel yang akan dituju, misalkan 3 atau 5. Beberapa scripts yang dijalankan dari sini adalah :- /etc/rc.d/rc.sysinit- /etc/rc.d/rc?.d- /etc/rc.local- XDM (display manager)
    Proses booting selesai dengan tampilnya menu login, baik console (runlevel 3) atau graphical (runlevel 5).
    5. istilah-istilah:
    - Computer user: :orang yang mengoperasikan computer.
    - Application program: Program komputer yang dibuat untuk mengerjakan atau menyelesaikan      masalah-masalah khusus,
    - Compiler : Program yang menerjemahkan serangkaian perintah ke dalam bahasa mesin. Sekali program dikompilasi, program tersebut dapat dijalankan sesering mungkin tanpa harus               mengulang proses kompilasi, kecuali jika terjadi perubahan pada program sumber.Adalah program sistem yang digunakan sebagai alat bantu dalam pemrogaman.Perangkat lunak yang melakukan proses penterjemahan code (dibuat programmer) ke dalam bahasa mesin. Hasil dari terjemahan ini adalah bahasa mesin. Pada beberapa compiler output berupa bahasa mesin dilaksanakan dengan proses assembler yang berbeda. 
    - Computer library : Computer Library Dapat dikatakan kamus dalam komputer yang membuat suatu program dapat di eksekusi oleh Sistem Operasi.
    - Shell :program yang dapat membaca instruksi-instruksi yang diinputkan (Biasanya menggunakan Keyboard) dan mengartikan kontrol statements agar dapat di proses sesuai perintah yang diinginkan (command interpreter). Denga kata lain shell merupakan program yang berfungsi menghubungkan secara lansung antara user dengan sistem operasi. Ketika kita mengetikkan sesuatu di keyboard maka shell akan menafsirkan apa yang kita ketikkan. Sebagai contoh apabila kita ketikkan ls pada shell dan ls ternyata merupakan program yang dapat di eksekusi maka shell akan menjalankan program tersebut.
    - System call merupakan layanan langsung sistem operasi ke pemrograman, disebut dengan system call atay API (application programming interface). System call adalah tata cara pemanggilan di program aplikasi untuk memperoleh layanan yang disediakan oleh sistem operasi. System call berupa rutin sistem operasi untuk keperluan tertentu yang spesifik. Bentuk system call beragam, terbanyak berupa rutin prosedur atau fungsi.
            5 kategori system calls:
            - Process control                     -File manipulation               - Device manipulation
            - Information maintenance   - Communication
    - OS Kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi.Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman.
    - Komputer hardware adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

    6. hubungan dari istilah-istilah di atas (no.5) sehingga dapat menjelaskan sebuah struktur sistem operasi.
    Sistem operasi merupakan suatu software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer, sehingga masing-masing sofware dapat saling berkomunikasi satu sama lainnya. Pengertian umum sistem operasi (OS) adalah mengelola sluruh sumber daya komputer yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan ke pengguna sehingga memudahkan dan kenyamanan pengguna serta pemanfaatan sumber daya komputer atau Program yang di design untuk bisa diatur dalam pengalokasian sumber daya komputer.



    Referensi
    http://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_keras
    http://www.catatanlepas.com







    0 komentar:

    Posting Komentar